::::SELAMAT HARI JADI KOTA BOJONEGORO KE-337, BOJONEGORO SEHAT PRODUKTIF DAN BAHAGIA, BOJONEGORO MATOH ::::

Seni Kaca Grafir, Kurangi Pengangguran Pemuda Ngambon

Ditulis Oleh Unknown pada Minggu, 08 Juni 2014 | Minggu, Juni 08, 2014

Ngisolasi pembuatan Sketsa oleh Pak Irwan
Ngambon, 08/06/2014.
Kerajinan kaca grafir merupakan karya seni yang sangat menakjubkan keindahannya, dari ukirannya yang begitu mendetail membuat suasana jika dipasang di rumah akan memberi warna dan seolah mempunyai arti kehidupan bagi rumah tersebut. Di salah satu wilayah Desa Ngambon tepatnya di RT. 06 RW. 02 Gang Selatan Polsek Ngambon masuk ke arah timur kira-kira 300 m, terdapat seorang warga yang mempunyai skill dan usaha kerajinan kaca grafir. Adalah Irwan Setyanto, S.Pd.SD atau akrab dipanggil Pak Irwan yang kesehariannya bertugas mengajar di SD Negeri Ngambon I ini mempunyai skill yang luar biasa, mulai dari melukis, olahraga, musik dan juga yang sekarang ditekuni yaitu kerajinan kaca grafir. Pria kelahiran asli Bojonegoro, 27 tahun lalu, memulai usahanya sekitar 2 tahun ini, meskipun Irwan berasal dari keluarga mampu tak lantas berpangku tangan saja. Dengan kesederhanaan yang dia miliki dan motivasi selalu bekerja keras itulah yang membuatnya selalu menikmati apa yang dikerjakan. “Urip iku penting tulus lan ikhlas nyambut gawe, mesti lak barokah! (hidup itu penting tulus dan ikhlas dalam bekerja, pasti hasilnya barokah)”, sepatah kata dari Pak Irwan.
    Pengukiran oleh karyawan

Cutting oleh Mas Susilo (Gacus) karyawan
Apapun pekerjaan yang merasa dia mampu dan bisa membuat orang bahagia pasti dilakukan semisal menggambar dinding sekolah TK/RA yang bertemakan kartun sampai diminta salah satu TK di wilayah kecamatan Tambakrejo sampai malam hari pun dilaksanakan. Awalnya kerajinan kaca grafir dulu hanya pesanan dari pelanggan sang Ayah yang juga seorang pengusaha kaca dan cat serta penyewaan terop, kursi dan sound system, Pak Sumadi (Mat Koco) sapaan akrabnya.

Dari pesanan itu Pak Irwan berfikir kenapa tidak belajar membuat kerajinan atau mengukir kaca itu sendiri ? Dari hal itulah Irwan berangkat ke Malang untuk belajar cara membuat kerajinan kaca grafir, yang awalnya sudah ada bakat seni dari dalam dirinya. Dan sekarang pun dia juga sudah mempunyai 3 karyawan yang membantunya untuk mengukir kaca pesanan pelanggannya, sehingga membantu membuka peluang kerja. Setiap hari antara 10 s/d 25 buah kaca yang diukir bersama karyawannya. Berbagai  bentuk desain dan tema yang diinginkan pelanggannya, Irwan mencoba menyanggupinya. Mulai dari gambar burung Elang, Bangau, tanaman Bambu, Wayang, Pemandangan Gunung dll.
Bahan dasar dan alat yang dipakai antara lain :
  •          Kompresor
  •          Kaca khusus grafir (tebal)
  •          Cutter
  •          Solasi besar
  •         Pasir laut khusus untuk pembuatan kaca grafir
  •         Kertas koran bekas
  •         Cat, thinner dll
Proses Airbrush
Semua bahan itu sangat berguna dalam pembuatan kaca grafir meskipun ada beberapa bahan yang tidak bisa disebutkan. Banyak sekali pesanan yang datang di Pak Irwan selain dari wilayah Kec. Ngambon ada juga dari kec. Tambakrejo, kec. Purwosari, kec. Ngasem, kec. Gayam, dan bahkan dari luar daerah. Teknik dan cara pembuatannya secara garis besar adalah sebagai berikut :
  1. Ngisolasi  merupakan pembuatan sketsa menggunakan solasi dan juga bahan kertas pada kaca yang telah dipilih. 
  2. Cutting merupakan teknik menggores sketsa yang telah dibuat menggunakan cutter tajam agar terbentuk pola yang telah digambar.
  3. Dan selanjutnya adalah pengukiran yang mana tahap inilah dari desain dan cuttingan itu diukir menggunakan alat tembak kompresor, sehingga memperoleh bentuk yang diinginkan dari ukiran tersebut.
  4. Pencucian merupakan proses mencuci kaca setelah diukir untuk membersihkan debu hasil pengukiran tersebut
  5. Selanjutnya adalah proses pengecatan menggunakan airbrush yang mana diperoleh warna sesuai yang diinginkan dan tema ukiran tersebut.
  6. Tahap terakhir adalah pengeringan supaya cat cepat mengering.

Hasil Jadi kaca grafir
Dalam kesederhanaan itulah Pak Irwan menuangkan imajinasinya dan mengasilkan sesuatu yan bermanfaat bagi orang lain dan juga bernilai ekonomis yang lebih. Semoga bermanfaat untu teman-teman kimdjanggleng semua. Bojonegoro Matoh !!
(didik/djanggleng)


Pemesanan dan share kaca grafir Pak Irwan CP : 0856-4853-2734





Ditulis Oleh : Unknown ~KIM DJANGGLENG

kim djanggleng Anda sedang membaca artikel berjudul Seni Kaca Grafir, Kurangi Pengangguran Pemuda Ngambon yang ditulis oleh KIM DJANGGLENG yang berisi tentang : Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa seijin admin asal mencantumkan backlink.

Blog, Updated at: Minggu, Juni 08, 2014

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Untuk pemesanan atau negosiasi harga bisa langsung ke owner & desainernya,,,
      mas Irwan Setyanto 0856-4853-2734

      Hapus

KANAL BOJONEGORO

Relawan TIK Bojonegoro

Blogger Bojonegoro

MEDIA BOJONEGORO

KIM Djanggleng
Kanal Bojonegoro
Blogger Bojonegoro
Halo Bojonegoro
Blog Desa
Malowopati Web Design
R-TIK Bojonegoro
PPID Bojonegoro
indahnya bengawan bojonegoro
KIM Djanggleng